Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Pengisian Aplikasi Supervisi LPMP Banten Tahun 2020

Tutorial Pengisian Aplikasi Supervisi LPMP Banten Tahun 2020

Tutorial Pengisian Aplikasi Supervisi LPMP Banten Tahun 2020 – Pada postingan sebelumnya admin sudah berbagi informasi tentang Download Buku Saku Program Kuota Belajar Bagi Siswa, Guru, Mahasiswa dan Dosen, pada kesempatan kali ini admin kembali berbagi informasi terbaru dan teraktual yakni Tutorial Pengisian Aplikasi Supervisi LPMP Banten Tahun 2020, untuk informasi selengkapnya silahkan simak penjelasannya berikut ini.


Cara Pengisian Aplikasi Supervisi LPMP Banten. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Republik  Indonesia  merupakan perpanjangan tangan dari kemdikbud yang berada di setiap provinsi senusantara.
 
Kehadiran LPMP  Banten  tentunya  selalu  berupaya  memberikan  kontribusi  yang nyata  bagi peningkatan mutu pendidikan di Provinsi Banten.
 
 
Supervisi  satuan  pendidikan  dasar  dan  pendidikan  menengah  dalam  pencapaian standar  nasional  pendidikan  adalah  salah  satu  tugas  pokok  dan  fungsi  dari LPMP Banten. LPMP  Banten  berusaha  untuk  memberikan  yang  terbaik  dalam  pelayanan  terhadap masyarakat  pendidikan  di  Provinsi  Banten  agar  peningkatan  mutu  pendidikan  bisa  terasa dan  nyata  dalam  keseharian.  LPMP  Banten  mengembangankan  aplikasi  supervisi  untuk mempermudah masyarakat pendidikan.
 
 
Aplikasi Supervisi LPMP Banten (http://supervisi.lpmpbanten.id/ atau http://lpmpbanten.kemdikbud.go.id/supervisi)  ini  diharapkan dapat  membantu  tugas  dari  pengawas,  kepala  sekolah  dan Dinas  Pendidikan  dalam  melakukan  salah  satu  tugas  dan  fungsinya  yaitu  melakukan supervisi terhadap sekolah binaannya maupun guru yang ada dalam sekolah tersebut.
 
Sebelum menggunakan Aplikasi Supervisi LPMP Banten yang perlu dipersiapkan adalah :
  1. Periksa  terlebih  dahulu  jaringan  komputer  atau  gawai anda,  apakah  sudah  terkoneksi dengan internet. Karena aplikasi Supervisi LPMP Banten berbasis web, maka diperlukan komputer yang terhubung dengan internet.
  2. Pastikan  browser  anda  sudah  menggunakan  Google  Chrome  untuk  mendukung kelancaran penggunaan aplikasi.
 
Cara login untuk menggunakan atau mengakses Aplikasi E-Supervisi LPMP Banten adalah dengan masukkan alamat website http://lpmpbanten.kemdikbud.go.id/supervisi  atau http://supervisi.lpmpbanten.id/ pada  address box  untuk  bisa  mengakses  Web  aplikasi  supervisi  LPMP  Banten  maka  akan  muncul tampilan sebagai berikut :

Tutorial Pengisian Aplikasi Supervisi LPMP Banten Tahun 2020

Sekali Lagi untuk Login Ke Cara login untuk menggunakan atau mengakses Aplikasi E-Supervisi LPMP Banten:
 
Akses alamat http://lpmpbanten.kemdikbud.go.id/supervisi atau Akses Alamat http://supervisi.lpmpbanten.id/
 
Pengawas  dan  Kepala  Sekolah  masuk  kedalam  menu beranda  supervisi diminta  untuk memasukkan NIP atau NIK serta kata sandi yang bersangkutan, serta untuk pengguna dari dinas provinsi menggunakan user dan password yang sudah diberikan. 
 

1.  Beranda Kepala Sekolah

Masukkan user dan password untuk user Kepala Sekolah maka akan tampil beranda dari web Aplikasi Supervisi LPMP Banten.  Dalam  menu  beranda  ini  bila  masuk  sebagai Kepala  Sekolah maka  akan  muncul nama kepala sekolah dibagian bawah menu kiri Ini dimaksudkan agar tidak terjadi kesalahan nama  dan  status  berkasnya.  Bila  mana  tidak  sesuai  dengan  nama  kepala  sekoalh yang bersangkutan  silakan  pilih  logout.
 
 
Kepala  Sekolah  dapat  melakukan  ubah  password dengan  cara  mengklik  nama  Kepala  sekolah lalu  ada  pilihan  ubah  password.  Lakukan perubahan password dalam menu tersebut.
 
Bila data Kepala Sekolah sudah sesuai namanya maka Kepala Sekolah dipersilakan untuk memilih sekolah binaannya. Caranya Klik +sekolah binaan untuk menambah sekolah binaan Kepala Sekolah dan pilih Hapus Sekolah bila salah memilih sekolah binaan.
 
 
Selanjutnya Kepala Sekolah memilih menu Guru Sekolah, maka akan tampil  daftar guru yang telah dimasukkan sebagai guru sekolah yang ada dalam sekolah. Untuk memasukkan data guru yang ada dalam sekolah tersebut,   klik tambah guru, dan hapus guru bila salah memasukkan guru. Bila klik tambah guru.
 
Pilih Sekolah yang telah anda atur dalam tambah sekolah sebelumnya. Data Sekolah akan terisi otomatis. Masukkan NIP guru, nama guru, dan kelas/mapel lalu klik simpan.
 
Setelah mengatur sekolah dan daftar guru. Maka Kepala Sekolah dapat melakukan supervisi terhadap gurunya dengan menekan menu formulir supervisi .
 
Pilih nama guru yang akan disupervisi dan tahap supervisi yang akan dilakukan lalu klik Set Data, maka akan tampil formulir supervisi KS seperti dibawah ini.

Kepala Sekolah diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan dan mengisi catatan dan solusi  dari  catatan  yang  ada.  Pertanyaan  meliputi  administrasi,  RPP, pembelajaran  dan penilaian yang sesuai dengan keadaan sekolah binaan pengawas.
Tanggal  update  akan  disesuaikan  dengan  tanggal  pengawas  melakukan  klik  simpan dimasing-masing instrument.
 
 
Untuk instrument RPP telah dibuatkan 2 versi instrument yaitu RPP  versi lengkap dan RPP versi SE. Silakan isi salah satu dari instrument yang ada. Bila salah satu instrument RPP telah dinilai, maka instrument RPP lainnnya tidak dapat dinilai
Bila sudah selesai silakan klik simpan di masing-masing instrument. Kepala sekolah juga dapat  mencetak  hasil  penilaian  terhadap  guru  dengan  menekan  tombol  cetak  diatas instrument  yang  ada. Menu  selanjutnya  adalah  hasil  supervisi.  Dalam  menu  ini  akan terlihat daftar sekolah-guru yang telah disupervisi oleh Kepala Sekolah.
 
Kepala Sekolah dapat melakukan perubahan data dengan memilih menu edit supervisi. Bila edit supervisi di klik maka akan kembali kepenilaian Kepala Sekolah terhadap guru binaannya dan dapat mengubah jawaban dari  keadaan guru binaan. Jangan lupa untuk klik  simpan  bila  ada  perubahan  data. Cetak  hasil  supak  dapat  dilakukan  dengan  cara mengklik tombol printer yang ada.
 

2.  Beranda Pengawas

Bila  sudah  memasukkan  user  dan  passwordnya  maka  akan  tampil  beranda  dari  web Aplikasi Supervisi LPMP Banten.  Dalam  menu  beranda  ini  bila  masuk  sebagai  Pengawas  maka  akan  muncul  nama pengawas dibagian bawah menu kiri Ini dimaksudkan agar tidak terjadi kesalahan nama dan  status  berkasnya.  Bila  mana  tidak  sesuai  dengan  nama  guru  yang  bersangkutan silakan  pilih  logout. Pengawas  dapat  melakukan  ubah  password  dengan  cara  mengklik nama  pengawas lalu  ada  pilihan  ubah  password.  Lakukan  perubahan  password  dalam menu tersebut.
 
 
Bila data pengawas sudah sesuai namanya maka Pengawas dipersilakan untuk memilih sekolah binaannya. Caranya Klik  +Sekolah  binaan  untuk  menambah  sekolah  binaan  Pengawas/Kepala  Sekolah  dan pilih Hapus Sekolah bila salah memilih sekolah binaan.

Selanjutnya pengawas memilih menu Form Supervisi, pertama pilih sekolah binaan yang akan disupervisi lalu isi tahap supervisi yang keberapa dalam pilihan.


Untuk data sekolah binaan akan terisi secara otomatis bila sekolah binaan telah dipilih. Lalu klik set data. Setelah klik set data akan dikonfirmasi perihal data sekolah yang akan disupervisi lalu klik OK. Pengawas diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan dan mengisi catatan dan solusi dari catatan yang ada. Pertanyaan meliputi SPMI, manajemen, pembelajaran dan standar kompetisi lulusan yang sesuai dengan keadaan sekolah binaan pengawas.
 
Tanggal  update  akan  disesuaikan  dengan  tanggal  pengawas  melakukan  klik  simpan dimasing-masing instrument.
 
Menu  selanjutnya  adalah  hasil  supervisi  sekolah.  Dalam  menu  ini  akan  terlihat  daftar sekolah-sekolah  yang  telah  disupervisi  oleh  pengawas.
 
 
Pengawas  dapat  melakukan perubahan data dengan memilih menu edit supervisi. Bila  edit supervisi di  klik maka  akan  kembali  kepenilaian  pengawas  terhadap  sekolah binaannya dan dapat mengubah jawaban dari keadaan sekolah binaan. Jangan lupa untuk klik simpan bila ada perubahan data.
 
 
Selanjutnya pengawas dapat melakukan melihat hasil supervisi kepala sekolah terhadap guru yang ada dalam sekolah binaannya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam menu hasil supervisi KS Pengawas dapat memberikan catatan pengawas sekolah dengan cara klik edit supervisi lalu  memberikan  catatan  pengawas  sekolah  ditempat  yang  disediakan  dalam  form supervise  KS.  Cetak  hasil  supak  dapat  dilakukan  dengan  cara  mengklik  tombol  printer yang ada.

Bagi rekan-rekan yang belum paham silahkan simak Cara Pengisian lengkap Aplikasi Supervisi (E-Supervisi) LPMP Banten dalam SLIDE berikut ini :

 


Demikian admin sampaikan informasi terkait Tutorial Pengisian Aplikasi Supervisi Lpmp Banten, semoga bermanfaat . . .*)
>