Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Error Pada PMP EDS Covid 19 Tahun 2020

Solusi Error Pada PMP EDS Covid 19 Tahun 2020

Solusi Error Pada PMP EDS Covid 19 Tahun 2020 – Pada postingan sebelumnya admin sudah berbagi informasi tentang  Rilis Aplikasi EDS 2020 Covid 19 (PMP 2020), pada kesempatan yang baik ini admin kembali akan berbagi informasi terbaru dan teraktual, yaitu : Solusi Error Pada PMP EDS Covid 19 Tahun 2020, adapun informasi selengkapnya silahkan teman-teman simak penjelasan berikut ini :


Perlu rekan-rekan ketahui Meskipun sebelum aplikasi PMP dirilis telah dilakukan proses ujicoba, namun pada saat pelaksanaanya masih saja ditemukan permasalahan atau error. Hal ini terjadi karena memang bugs aplikasi ataupun kurang berhati-hati dan kurang telitinya rekan-rekan Operator Sekolah dalam membaca petunjuk atau panduan yang telah di share admin PMP atau EDS Dikdasmen.


Meskipun begitu rekan-rekan jangan terlalu hawatir karena admin akan berbagi solusi terkait permasalahan yang terjadi, dibawah ini admin tulis daftar permasalahan maupun Error pada Aplikasi PMP atau EDS Covid-19 Tahun 2020 dilengkapi dengan solusinya atau jalan keluar ketika rekan-rekan mengalaminya, berikut Daftar Error dan dilengkapi dengan Solusinya :


1. Gagal Install dan Mengkesekusi Berkas

Gagal install Aplikasi EDS Covid-19 Tahun 2020, ditandai dengan munculnya keterangan tidak dapat mengeksekusi berkas. C:Program Files (x86)\EDSDikdasmen\pgsql\bin\psl. CreateProcess gagal; kode 2. The System cannot find the file specified.

Solusi :

  • Silahkan Anda uninstal dulu aplikasinya sampai bersih, hapus juga folder "EDSDikdasmen" yang ada pada C Program file. Setelah itu lakukan restart laptop/komputer terlebih dahulu.


2. Saat Cek Data Pengguna Prosesnya sangat Lama

Ketika berhasil menginstall Aplikasi EDS Covid-19 Tahun 2020, tetapi pada saat pertama membuka Aplikasi EDS Covid-19 Tahun 2020 mucul keterangan "Anda baru saja melakukan registrasi. Mohon tunggu beberapa saat sementara aplikasi mengecek data pengguna" tetapi prosesnya sangat lama, tidak selesai-selesai. Dan tentu saja bab ini akan membuat rekan-rekan jenuh dan kesal.
 

Solusi :

  • Silahkan rekan-rekan melakukan Hapus Riwayat Browser (clear history)
  • Apabila cara pertama masih belum bisa silahkan lakukan "tarik data" langsung dari aplikasi localhost dapodik, dan tidak menggunakan prefill EDS Dikdasmen.
 

3. Data Siswa Tidak Masuk Aplikasi EDS Covid-19 Tahun 2020

Ketika berhasil menginstall Aplikasi EDS Covid-19 Tahun 2020 dan tarik data Dapodik, tetapi ketika di cek data siswa tidak muncul. Hal ini karena pada Aplikasi EDS Covid-19 Tahun 2020 tidak mengisi instrumen siswa. Hanya ada PTK, karena waktu pengisian Aplikasi EDS Covid-19 Tahun 2020 cukup singkat dan juga masih dalam pandemi covid-19. Sebagian siswa masih melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Guru juga ada yang WFH atau bekerja dari rumah

Solusi :

  • Jangan Melakukan Apapun
 

4. Aplikasi PMP Blank Warna Hitam

Pada saat login atau ketika mengisi, Layar berubah menjadi berwarna hitam dan blank.

Solusi:

  • Silahkan Lakukan refresh ( tekan tombol CTRL + f5)
  • Silahkan Lakukan Hapus Riwayat Browser atau Clear History Browser
  • Dan Pastikan juga rekan-rekan menggunakan web browser terbaru, boleh Google Chrome, Mozila Firefox, Edge.
 

5. Gagal Download Kuesioner PMP Offline

Gagal download kuesioner Aplikasi EDS Covid-19 menggunakan aplikasi "Offline Survey", hal ini kemungkinan karena server dan kondisi jaringan.
Pesan error "Offline Surveys" Aplikasi EDS Covid-19 Tahun 2020 yang ditampilkan yaitu:

Err04: Cannot analyse survey :

  • Make sure your survey is activated.
  • Disable tokens.
  • If you are usening httpS make sure your SSL certificate is valid.
 

Solusi :

  • Silahkan rekan-rekan menggunakan alternatif link server, username, dan passwordnya.


6. Gagal Registrasi Aplikasi EDS Covid-19

Kasus ini ditandai dengan munculnya keterangan "Proses Registrasi Gagal! Sekolah tidak ditemukan! Silahkan coba kembali dengan memastikan isian NPSN dan alamat dapodik telah sesuai".
 

Solusi :

  • Dalam permasalahan yang satu ini pastikan rekan-rekan tidak melakukan salah ketik, maupun spasi. Dan juga tidak perlu mengubah alamat link localhost dapodik.
 
 
Demikian admin sampaikan informasi terkait Solusi Error Pada PMP EDS Covid 19 Tahun 2020, semoga bermanfaat dan SALAM SATU DATA . . . *)
>