Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

APLIKASI RAPORT SD SEMESTER 2 KURIKULUM 2013

APLIKASI RAPORT SD SEMESTER 2 KURIKULUM 2013


APLIKASI RAPORT SD SEMESTER 2 KURIKULUM2013 – Pada postingan sebelumnya admin berbagi Resmi, Ibadah Haji Tahun 2020 Dibatalkan Sesuai Keputusan Menag RI Nomor 494, di kesempatan kali ini admin akan menindaklanjuti dengan berbagi Aplikasi Raport SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi Semester 2. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, era ini memaksa kita untuk terbawa kedalam aliran tuntutan kebutuhan hidup, tak terkecuali pada dunia pendidikan serta teknologi.


Pendidikan sebagai salah satu pusat guna memperoleh ilmu pengetahuan untuk memenuhi semua ekspektasi-nya. Guru merupakan elemen prioritas dalam suatu proses pendidikan. Dalam proses pembelajaran siswa sangat dipengaruhi oleh kualitas yang dimiliki oleh seorang guru.


Adapun hal-hal yang berhubungan dengan aplikasi rapor K13 ini yang mesti diketahui bapak/ibu yaitu sebagi berikut :
  1. Aplikasi rapor ini hanya sekitar 2 MB saja jadi tidak akan membutuhkan waktu lama untuk mengunduhnya.
  2. Aplikasi ini juga terdiri dari 7 muatan lokal yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.
  3. Bisa mengedit deskripsi sesuai KD yang ada
  4. Dalam menyikapi pembelejaran saat suasana pandemi seperti sekarang ini. Bapak/ibu dapat memasukan nilai harian saja maka nilai akhir akan muncul walaupun tidak memasukkan nilai PTS maupun PAT.
  5. Bisa digunakan 2 Semester yaitu Semester 1 dan Semester 2


Laporan hasil belajar atau raport bagi peserta didik jenjang Sekolah Dasar (SD) pada Kurikulum 2013 (K-13) edisi revisi 2019 sedikit mengalami perubahan dari pada format raport Kurikulum 2013 tahun sebelumnya. Dalam pengisian raport Kurikulum 2013 untuk tahun pelajaran 2019/2020 sesuai Permendikbud nomor 23 tentang Standar Penilaian Pendidikan Nasional.


Sejak awal implementasi Kurikulum 2013, kurikulum pengganti KTSP ini sudah mengalami revisi yang ke 4 (empat). Di semester 2 tahun pelajaran 2019/2020 kurikulum 2013 revisi tahun 2019 diterapkan pada kelas I, II, III, IV, V, dan VI jenjang Sekolah Dasar (SD).


Tahap proses penilaian Kurikulum 2013 telah berubah dan berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Pada pelaksanaan penilaian dalam kurikulum 2013 (K-13) sekarang lebih kompleks jika dibandingkan dengan penilaian di kurikulum sebelumnya.


Dalam tahap proses penilaian Kurikulum 2013 ini, seorang guru dituntut harus melakukan penilaian dari 4 (empat) aspek yakni :
  • Penilaian Spiritual (KI-1),
  • Penilaian Sosial (KI-2),
  • Penilaian Pengetahuan (KI-3),
  • Penilaian Keterampilan (KI-4).



Sebagai salah satu syarat administrasi yang harus dipersiapkan oleh seorang guru kelas Sekolah Dasar (SD) dalam penilaian ialah mempunyai Buku Nilai Peserta didik atau Buku Penilaian siswa.

Maksud dari buku penilaian peserta didik ini harus sesuai Kurikulum 2013 yang mana ini berfungsi untuk dokumentasi nilai siswa mulai dari penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian akhir semester (PAS) dan penilaian akhir tahun (PAT).


Bagi Rekan-rekan Operator sekolah maupun Bapak atau Ibu Guru yang membutuhkan Aplikasi raport Kurikulum 2013 edisi revisi ini, silahkan unduh melalui link berikut :



Catatan : Aplikasi ini adalah Aplikasi dari www.kangmartho.com, semoga beliau selalu terus berkarya dan dapat menjadi referensi.


Demikian admin sampaikan terkait APLIKASI RAPORT SD SEMESTER 2 KURIKULUM 2013, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkannya . . .*)
>