Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DOWNLOAD UPDATE APLIKASI RKAS VERSI 2.04

DOWNLOAD UPDATE APLIKASI RKAS VERSI 2.04


DOWNLOAD UPDATE APLIKASI RKAS VERSI 2.04 - Pada postingan sebelumnya admin berbagi informasi terkait DOWNLOAD UPDATE APLIKASI RKAS VERSI 2.03 dan SE MENPAN RB NOMOR 54 TAHUN 2020 TENTANG PERPANJANGAN WFH SAMPAI 29 MEI, berkaitan dengan hal itu di  kesempatan kali ini admin akan kembali memberikan informasi ter-UPDATE yakni tentang pembaruan pada Aplikasi RKAS 2.04.


Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) merupakan sistem yang disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan input RKAS oleh Tim BOS sekolah.


Penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah di lakukan oleh Kepala sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah. Dalam menyusun RKAS, sekolah harus memperhatikan ketentuan-ketentuan dari masing-masing sumber dana. Perencanaan program BOS meliputi 2 (dua) kegiatan utama yang dilakukan oleh kepala sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah yaitu  :

  1. Mengidentifikasi kebutuhan sekolah
  2. Menyusun Rencana Anggaran Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).



Berdasarkan Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler, melakukan input ARKAS pada sistem yang telah disediakan oleh Kementerian merupakan salah satu tugas dan tanggungjawab tim BOS sekolah. Selain itu untuk melakukan proses input RKAS pada periode anggaran tahun 2020, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah merilis Updating ARKAS Versi 2.04.


Sebelum rekan-rekan melakukan pembaruan Aplkasi RKAS Versi 2.04 ada baiknya simak dulu pembaruan apa saja yang ditawarkan Aplikasi RKAS 2.04 ini, berikut detail pembaruannya :

  1. Perbaikan proses registrasi bermasalah
  2. Perbaikan sinkron ada kesalahan system
  3. Perbaikan sekolah tidak muncul di dashboard
  4. Perbaikan pengajuan pengesahan ada kesalahan system
  5. Perbaikan urutan BKU yang tidak sesuai
  6. Penambahan validasi pada saat input BKU agar tidak terjadi minus
  7. Penambahan penanggungjawab lebih dari satu
  8. Perbaikan Reposrt kertas kerja, RKAS dan BKU
  9. Penambahan Report penggunaan pertahap
  10. Penambahan jumlah character alasan penolakan
  11. Perbaikan jumlah pergeseran maksimal



Pembaruan yang paling menonjol pada updater aplikasi ARKAS versi 2.04 adalah adanya fasilitas reset data sekolah pada Manajemen RKAS, fitur tersebut untuk mereset data (hapus semua anggaran dan BKU). setelah direset sekolah bisa melakukan syncronisasi kembali, fitur keamanan ini digunakan untuk menghindari adanya pengguna Aplikasi yang tidak bertanggung jawab.


Bagaiman cara mengunduh dan menginstalasi Aplikasi RKAS 2.04 ??

Pembaruan/Update Aplikasi RKAS Versi 2.04 bisa dilakukan dengan 2 (dua) cara, yakni :

1. Rekan-rekan dapat mengunduhnya secara manual pada alamat berikut :
  • https://markas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/utility/download,


Manfaat bagi yang melakukan update aplikasi Arkas versi 2.04 secara manual memberikan kemudahan penguna aplikasi RKAS, terutama untuk daerah yang memiliki jaringan atau koneksi internet yang lambat atau kurang stabil, admin rekomendasikan melakukan pembaruan/updater menggunakan aplikasi RKAS secara manual.


2. Selain cara diatas rekan-rekan juga dapat melakukan pembaruan secara otomatis dengan menggunakan fitur autoupdate yang terdapat pada aplikasi RKAS sebelumnya atau bisa langsung rekan-rekan (DOWNLOAD DISINI)


Catatan : Sebelum menginstal/memasang updater aplikasi RKAS Versi 2.04 rekan-rekan harus memastikan sudah memiliki Aplikasi RKAS Versi 2.02 instaler atau sudah terpasang Aplikasi RKAS Versi sebelumnya.


Menggunakan aplikasi RKAS terbaru sudah pasti pekerjaan rekan-rekan operator akan semakin mudah, dan akan selesai sesuai dengan target penyelesaian Aplikasi RKAS pada satuan pendidikannya masing-masing. Terutama pada sekolah-sekolah yang menerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) reguler tahun 2020 ini.



Demikian admin sampaikan tentang informasi Pembaruan/Update Aplikasi RKAS Versi 2.04, semoga bermanfaat . . .*)
>