Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Panduan PPDB Online TK SD SMP SMA SMK Tahun Pelajaran 2020/2021

Buku Panduan PPDB Online TK SD SMP SMA SMK Tahun Pelajaran 2020/2021


Buku Panduan PPDB Online TK SD SMP SMA SMK Tahun Pelajaran 2020/2021 – Pada postingan sebelumnya admin berbagi informasi Panduan HARDIKNAS Tahun 2020, pada kesempatan kali ini admin kembali berbagi terkait dengan PPDB Tahun Pelajaran 2020/2021. Dalam rangka mendukung penanganan wabah pandemi virus corona Covid-19, penerapan social distancing dan physical distancing (mengurangi kerumunan massa, untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19) diberlakukan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2020/2021. PPDB tahun 2020/2021 dilakukan secara online.


Sebelum ke pembahasan sebaiknya rekan-rekan perlu sedikit membaca pemahaman dan Pengertian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) daring (online) adalah kegiatan penerimaan calon peserta didik baru yang memenuhi syarat tertentu untuk memperoleh pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi melalui proses entri, memakai sistem database, seleksi otomatis oleh progam komputer, hasil seleksi dapat diakses setiap waktu secara online pada situs internet.

Sekolah adalah jenjang Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah yang mengikuti PPDB daring (online).


Buku Panduan PPDB Online TP 2020/2021 Jenjang TK sampai SMA ini berisi tentang pengenalan dan panduan teknis Sistem Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Daring atau Online mulai dari persiapan, proses pendaftaran, dan publikasi hasil akhir penerimaan calon peserta didik baru. Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kemudahan kepada siswa atau orangtua yang akan melakukan pendaftaran sebagai calon beserta peserta didik baru secara mandiri kepada panitia PPDB.


Selain itu, Panduan Sistem Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru Daring Online disusun untuk menyamakan persepsi dan pemahaman serta memberikan pedoman yang jelas dalam cara pendaftaran yang terdapat pada aplikasi.


Adapun syarat Dokumen PPDB yang Harus Disiapkan Calon Siswa / Orang Tua Siswa / Wali


  1. Bukti Pendaftaran Online;
  2. Ijazah/ Surat Keterangan Lulus;
  3. Pas Foto 3 x 4;
  4. Akta/ Surat Keterangan Lahir;
  5. Kartu Keluarga/Surat Keterangan Tinggal;
  6. Nilai Raport 5 Semester Terakhir (Untuk PPDB Jenjang SMP, SMA dan SMK);
  7. Surat Tugas Orang Tua (Jalur Perpindahan Orang Tua);
  8. Surat Keterangan Program Penanganan Keluarga Tidak Mampu (Untuk Jalur Afirmasi); dan
  9. Legalisir Prestasi (Untuk Jalur Prestasi).



Adapun untuk lebih jelasnya silahkan rekan-rekan unduh Panduan PPDB online pada link dibawah ini :




Demikian yang dapat admin sampaikan terkait informasi Buku Panduan PPDB Online Tahun Pelajaran  2020/2021, semoga bermanfaat . . .*)
>