Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA CEPAT DAFTAR KARTU PRA KERJA SECARA ONLINE

CARA CEPAT DAFTAR KARTU PRA KERJA SECARA ONLINE


CARA CEPAT DAFTAR KARTU PRA KERJA SECARA ONLINE – Sebelum admin mengajak Cara Daftar Kartu Pra Kerja ada baiknya rekan-rekan membaca dan memahami hal-hal yang berkaitan dengan Kartu Pra Kerja, untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan di bawah ini.


Apa itu Kartu Prakerja?

Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Karena kami percaya bahwa masyarakat Indonesia sesungguhnya ingin selalu meningkatkan kemampuannya. Didesain sebagai sebuah produk, program ini dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta. Jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih, dan memberi evaluasi. Karena hanya dengan cara ini, produk bisa terus diperbaiki, tumbuh, dan relevan. Menggandeng pelaku usaha swasta, program ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat. Gotong royong. Demi SDM Unggul, Indonesia Maju.


Untuk siapa?

Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga buruh, karyawan dan pegawai. Pendeknya, semua warga bangsa yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, boleh mendaftar. Karena kami percaya, belajar dan berlatih semestinya tak mengenal usia. Lifelong learning. Namun prioritas diberikan pada pencari kerja usia muda. Karena langkah pertama di dunia kerja akan membawa pada langkah-langkah selanjutnya yang lebih gemilang di masa depan.


Solusi Kartu PraKerja


  • Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan
  • Mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan
  • Mendorong kebekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch
  • Menjadi komplemen dari pendidikan formal
  • Kartu Prakerja Dots



Tentang Komite Cipta Kerja

Komite Cipta Kerja dibentuk melalui Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja melalui Program Kartu Prakerja. Komite bertugas merumuskan kebijakan dan mengendalikan program Kartu Prakerja. Diketuai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dengan Wakil Ketua Kepala Staf Kepresidenan, Komite beranggotakan 6 menteri, yaitu Menteri Keuangan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala BAPPENAS, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Perindustrian, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Dalam Negeri. Bertindak sebagai Sekretaris Komite, Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.


Menurut informasi rencananya pendaftaran kartu Pra Kerja baru dibuka Sabtu 11 April 2020 melalui laman resmi prakerja.go.id.


Adapun Persyaratan untuk memiliki atau sebagai Penerima Kartu Prakerja adalah sebagai berikut :

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Usia minimal 18 tahun;
  3. Sedang tidak mengikuti pendidikan formal.


Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja. Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja. Jadi, bukan untuk menggaji pengangguran ya!. Kartu Prakerja ini dperuntukkan bagi orang yang sedang mencari pekerjaan. Namun, orang yang sudah bekerja, karyawan dan korban PHK juga boleh mendaftar program Kartu Prakerja.


Bagaimana Cara Memperoleh atau mendapatkan Kartu Prakerja?
Berikut penjelasan-nya !!


  • Daftar di Website Kartu Prakerja https://www.prakerja.go.id/ untuk penginputan data dan seleksi online.
  • Memilih Pelatihan yang Disyaratkan Industri. Memilih pelatihan dari layanan SISNAKER dan bayar menggunakan saldo Kartu Prakerja untuk online maupun offline.
  • Mengikuti pelatihan secara online maupun offline dan dapatkan sertifikat pelatihan dari lembaga.
  • Peserta diminta memberi Ulasan & Rating Terhadap Lembaga Pelatihan. Berikan ulasan dan rating terhadap lembaga pelatihan melalui SISNAKER setelah melakukan proses pelatihan.
  • Mendapatkan Insentif Setelah Mengikuti Pelatihan. Dapatkan insentif dan akan ditransfer dalam 3 tahap ke saldo wallet Kartu Prakerja kamu.
  • Mengisi Survei Kebekerjaan sebagai Feedback Efektivitas Program. Survei yang ditanyakan dalam 3 tahap dengan insentif pengisian survei sebesar Rp150.000 sebagai feedback efektivitas program, kesesuaian pelatihan dan penempatan kerja, dll.


Cara Daftar Kartu Pra Kerja secara Online

1)  Buat Akun di laman https://www.prakerja.go.id/ atau KLIK DISINI
Masukkan nama lengkap anda, email dan kata sandi
CARA CEPAT DAFTAR KARTU PRA KERJA SECARA ONLINE

2)  Klik Daftar >> Berikutnya verifikasi email anda
CARA CEPAT DAFTAR KARTU PRA KERJA SECARA ONLINE

3)  Lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email

>> Pendaftaran berhasil. Kamu berhasil membuat akun Kartu Prakerja


Setelah berhasil langkah berikutnya adalah Log in atau masuk ke AKUN Kartu Prakerja yang telah di daftarkan tadi, Caranya sebagai berikut :


1)  Buka laman https://www.prakerja.go.id/ atau KLIK DISINI
>>  Klik Login atau Masuk pada Laman Depan

CARA CEPAT DAFTAR KARTU PRA KERJA SECARA ONLINE

2)  Masukkan email dan kata sandi akun anda >>  Klik Login
>>  Berhasil masuk ke akun anda

Lalu Bagaimana jika lupa Kata Sandi?

Berikut solusinya :



1)  Klik Masuk atau Login pada situs Kartu Prakerja.
>>  Klik Lupa Password?
CARA CEPAT DAFTAR KARTU PRA KERJA SECARA ONLINE

2)  Masukkan alamat email anda >>  Lalu klik Kirim
CARA CEPAT DAFTAR KARTU PRA KERJA SECARA ONLINE

3)  Anda akan menerima email link verifikasi >> Buka Email anda dan klik link tersebut untuk melanjutkan.
CARA CEPAT DAFTAR KARTU PRA KERJA SECARA ONLINE


4)  Setelah itu silahkan masukkan kata sandi baru
CARA CEPAT DAFTAR KARTU PRA KERJA SECARA ONLINE


5)  Klik Atur Ulang >>> Anda telah berhasil merubah Kata sandi >> selesai

  • Catatan jika tidak menerima Kode Verifikasi



  • Mengapa saya tidak menerima Kode Verifikasi atau OTP ? Kode Verifikasi atau OTP (One-Time Password) adalah kata sandi dinamis yang terdiri dari 4 maupun 6 digit angka unik dan rahasia yang biasanya dikirimkan melalui SMS atau email yang tercantum pada akun Kartu Prakerja kamu.


  • Kode ini berfungsi sebagai alat validasi untuk mencegah adanya tindakan penyalahgunaan akun. Setiap kode yang dikirimkan ini umumnya hanya berlaku selama beberapa menit.


  • Kamu tidak akan menerima kode OTP apabila nomor telepon atau email yang tercantum pada akun sudah tidak digunakan atau sudah tidak aktif.


  • Untuk itu, kamu harus pastikan bahwa nomor telepon maupun email yang terdaftar pada akun kamu sudah sesuai dengan yang digunakan saat ini.


Apabila nomor telepon dan email yang kamu gunakan saat ini masih aktif namun kamu tidak menerima kode OTP, silakan hubungi kami di info@prakerja.go.id.


Demikian yang dapat admin sampaikan terkait inform CARA DAFTAR KARTU PRA KERJA SECARA ONLINE, semoga bermanfaat . . .*)
>