Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PTS/UTS MATEMATIKA Kelas 8 Semester 2 SMP/MTs K-13


Soal PTS/UTS MATEMATIKA Kelas 8 Semester 2 SMP/MTs K-13


Soal PTS/UTS MATEMATIKA Kelas 8 Semester 2 SMP/MTs K-13 – Soal PTS/UTS MATEMATIKA Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 akan admin bagikan pada akhir postingan, dengan semakin dekatnya Penilaian tengah semester (PTS) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang memerlukan Soal-soal PTS untuk dijadikan bahan ujian pada anak didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan membuat soal tes ujian Penilaian Tengah Semester untuk Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 semester Genap.


Surat Edaran yang baru-baru ini di publikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahwa soal PTS Kurikulum 2013 harus memenuhi ketentuan standar soal terbaru dan harus sudah terintegrasi dengan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Oleh karena itu sengaja admin berbagi Soal PTS dalam rangka mempermudah semua rekan-rekan guru, oke langsung saja untuk lebih jelasnya silahkan simak sedikit penjelasan berikut ini.


Setiap Sekolah wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, selain itu juga perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai usaha terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien serta kondusif.


Salah satu bentuk penilaian tersebut ialah Ulangan Tengah Semester (UTS) atau sering disebut juga Penilaian Tengah Semester (PTS). Penilaian Tengah Semester adalah salah satu bentuk evaluasi belajar yang materi soalnya diambilkan dari setengah materi dalam satu semester dalam hal ini semester 2 (dua).


Penilaian Tengah Semester menjadi salah satu penilaian hasil belajar selain bentuk penilaian lainnya, seperti Penilaian Ulangan Harian, Penilaian Tugas, dan Penilaian Akhir Semester.


Tujuan Penilaian Tengah Semester (PTS/UTS)



Tujuan Penilaian Tengah Semester (PTS) secara umum merupakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik selama setengah semester dan hasilnya dijadikan sebagai salah satu bahan penyusunan laporan kemajuan belajar.


Tujuan pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS/UTS) secara khusus ialah sebagai berikut ini :

  • Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama setengah semester.
  • Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama setengah semester.
  • Mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
  • Memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
  • Mendeteksi kebutuhan remedial dan pengayaan peserta didik.


Fungsi Penilaian Tengah Semester (PTS/UTS)


Dibawah ini merupakan beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS/UTS) :


  • Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
  • Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
  • Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
  • Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.

Soal PTS UTS MATEMATIKA Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 K-13



Berikut ini admin bagikan soal PTS/UTS MATEMATIKA Kelas 8 SMP/MTs semester 2 Kurikulum 2013. Latihan soal PTS/UTS IPA ini untuk membantu belajar peserta didik Kelas 8 SMP/MTs dalam mempersiapkan diri menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS/UTS) genap.


Materi soal Penilaian Tengah Semester IPA ini diambilkan dari setengah materi MATEMATIKA Kelas 8 SMP/MTs semester 2. Soal berbentuk pilihan ganda (PG) dengan 4 (empat) opsi jawaban dengan rincian pilihan jawaban A, B, C atau D, dengan total pertanyaan 20 soal.


Berikut admin tulis soal no 1 – 5 sebagai contoh saja, dan untuk selengkapnya silahkan download file nya pada akhir postingan ini :


A. Berilah tanda (x) pada huruf A, B, C atau D pada jawaban yang paling tepat!

1. Jika panjang garis singgung persekutuan luar kedua lingkaran 12 cm dan panjang jari-jari kedua lingkaran 18 cm dan 2 cm, maka jarak titik pusat kedua lingkaran tersebut adalah ….      
a. 10 cm       
b. 15 cm     
c. 20 cm   
d. 30 cm 

2. Jika panjang jari-jari 2 lingkaran adalah 10 cm dan 2 cm dengan panjang garis singgung persekutuan        dalam 35 cm, maka jarak titik pusat kedua lingkaran adalah ….      
a. 36 cm       
b. 37 cm     
c. 46 cm   
d. 47 cm

3. Jika roda sepeda berputar sebanyak 5000 kali dan menempuh jarak 6,28 km, (  = 3,14 ) maka jari-jari  roda sepeda adalah …      
a. 10 cm       
b. 20 cm     
c. 40 cm   
d. 80 cm

4. Jika panjang jarum jam dinding 14 cm dan berputar 35 kali, maka panjang lintasannya adalah ….      
a. 44 cm       
b. 88 cm     
c. 1540 cm   
d. 3080 cm

5. Sebuah taman bunga berbentuk lingkaran kelilingnya 157 m (  = 3,14 ) maka panjang jari-jarinya adalah…    
a. 7,5 m     
b. 12,5 m     
c. 25 m    
d. 50 m


Download :

Catatan : Apabila terdapat ketidaksesuaian pada contoh soal-soal PTS/UTS diatas, silahkan sesuaikan dengan kebijakan sekolahnya masing-masing. Karena soal ini hanyalah sebuah referensi dari admin untuk yang membutuhkannya.


Demikian yang dapat admin sampaikan mengenai Soal PTS UTS MATEMATIKA Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013, semoga bermanfaat . . .*)
>