Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PEDOMAN PELAKSANAAN TKD MELALUI KUNJUNGAN RUMAH

PEDOMAN PELAKSANAAN TKD MELALUI KUNJUNGAN RUMAH


PEDOMAN PELAKSANAAN TKD MELALUI KUNJUNGAN RUMAH - Tes Kemampuan Dasar atau viral disebut (TKD) untuk peserta didik Sekolah Dasar (SD) adalah soal ujian bagi siswa kelas 3 Sekolah Dasar. Materi yang diujikan yaitu Membaca, Menulis dan Berhitung atau sering di istilahkan dengan sebutan Calistung (Membaca, Menulis dan Menghitung).


Apa yang sudah diajarkan pada kelas 3 SD, yang paling utama dalam pencapaian target tersebut adalah kemampuan Membaca, Menulis dan Menghitung (calistung) yang merupakan bentuk persiapan untuk melanjutkan di kelas yang lebih tinggi yakni kelas 4 (empat), 5 (lima), dan 6 (enam).

Pada tahap pelaksanaan Tes Kemampuan Dasar (TKD), peserta didik di coba dengan bentuk ujian seperti : kemampuan membaca, menulis dan berhitung (calistung).

Namun pada tahun 2020 sekarang ini ada beberapa faktor yang menyebabkan terganggunya pelaksanaan TKD tersebut, yaitu dikarenakan dampak dari mewabahnya Covid-19 atau Virus Corona sehingga pada pelaksanaannya tidak dengan cara yang biasa namun sebagai penggantinya yaitu “Melalui Kunjungan Rumah”.

Berikut ini Petunjuk Pelaksanaan Tes Kemampuan Dasar Melalui Kunjungan Rumah


  1. Naskah soal Test Kemampuan Dasar (TKD)  akan diantarkan oleh Guru ke rumah orang tua /wali siswa pada  hari sabtu tanggal 4 April 2020 apabila tidak selesai pada hari itu dilanjutkan pada hari Minggu, 5 April 2020.
  2. Naskah soal diterima oleh siswa wajib didampingi/disaksikan oleh orang tua/wali siswa , selanjutnya guru menjelaskan cara mengerjakan soal Test Kemampuan Dasar (TKD)
  3. Ketika siswa mengerjakan soal, orang tua wajib mendampinginya.
  4. Waktu mengerjakan soal,  sesuai  jadwal sebagai berikut :
  5. Pada waktu test membaca cepat, orangtua/wali  wajib mendampingi dan menghitung jumlah kata dalam watu 1 (satu) menit dan hasilnya dilaporkan ke sekolah.
  6. Naskah sol TKD akan diambil oleh guru pada hari Kamis tangga 9 April 2020, dan apabila tidak selesi pada hari tersebut akan diambil pada hari berikutnya.
  7. Apabila ada hal perlu ditanyakan, bisa langsung menayakan ke guru melalui, Telepon, SMS, WhatsApp dan guru wajib memberikan no HP nya.



Unduh :




Keterangan : Diatas adalah Petunjuk atau Pedoman Pelaksanaan Tes Kemampuan Dasar Sekolah Dasar di khusus kan untuk SD yang ada di wilayah Kabupaten Pandeglang.


Demikian yang dapat admin sampaikan terkait "Petunjuk Pelaksanaan TKD Melalui Kunjungan Rumah", semoga bermanfaat . . .*)
>