Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Soal dan Kunci Jawaban Kompetensi Sains Nasional (KSN) FISIKA SMA/MA Tingkat Kabupaten Tahun 2020

Download Soal dan Kunci Jawaban Kompetensi Sains Nasional (KSN) FISIKA SMA/MA Tingkat Kabupaten Tahun 2020


Download Soal dan Kunci Jawaban Kompetensi Sains Nasional (KSN) FISIKA SMA/MA Tingkat Kabupaten Tahun 2020 - Pada postingan sebelumnya admin sudah berbagi contoh Latihan Soal Kompetensi Sains Nasional (KSN) ASTRONOMI SMA/MA TAHUN 2020Berkaitan dengan hal itu admin akan kembali membagikan Soal dan Kunci Jawaban Kompetensi Sains Nasional (KSN) FISIKA SMA/MA Tingkat Kabupaten Tahun 2020 .

Sedangkan Tujuan dari Soal dan kunci jawaban ini adalah agar dapat peserta didik mampu menjadikan soal-soal ini sebagai bahan referensinya ataupun bahan untuk latihan sebelum pada soal-soal sebenarnya yang akan di ujikan nanti, bagi rekan-rekan yang membutuhkan file-nya dapat di unduh pada akhir postingan ini.


Soal dan Kunci Jawaban Kompetensi Sains Nasional (KSN) FISIKA SMA/MA Tingkat Kabupaten Tahun 2020



Berikut admin Tuliskan contoh Soal Kompetensi Sains Nasional (KSN) FISIKA SMA/MA Nomor 1 sampai 5 dari Total 8 Soal Tingkat Kabupaten Tahun 2020, untuk selengkapnya silahkan unduh file nya di akhir Postingan ini !!


Tes Seleksi OSN 2020 Bidang FISIKA
TINGKAT KABUPATEN/KOTA
Waktu: 3 Jam


1. (8 poin) Sebuah benda A dapat bergerak tanpa gesekan sepanjang kawat berbentuk parabola yang memenuhi persamaan 𝑦 = 𝑎𝑥 dengan a suatu konstanta positif, x adalah jarak horizontal dari sumbu simetri kawat, dan y adalah tinggi benda dari titik terendah kawat. Jika kawat ini diputar dengan kecepatan sudut   dengan sumbu y sebagai porosnya, tentukan nilai 𝜔 (dinyatakan dalam 𝑔 dan 𝑎) agar benda A berada dalam keadaan setimbang!


2. (10 poin) Selama empat hari berturut-turut, seorang anak mulai berangkat dari rumah dengan berjalan kaki menuju sekolah selalu pada waktu keberangkatan yang sama.  Bel masuk sekolah juga memang diset untuk berbunyi pada waktu yang selalu sama.

  • - Pada hari pertama, anak tersebut mulai berjalan dengan kecepatan awal 50 meter per menit dan dipercepat dengan percepatan 2 meter per menit Ternyata dia tiba di sekolah 5 menit setelah bel berbunyi.
  • - Pada hari kedua, anak tersebut mulai berjalan dengan kecepatan awal 150 meter per menit dan diperlambat dengan perlambatan 2 meter per menit Ternyata dia tiba di sekolah 5 menit sebelum bel berbunyi.
  • - Pada hari ketiga, ia memutuskan untuk berjalan dengan kecepatan konstan (yang nilainya lebih besar dari 100 meter per menit) hingga tiba di sekolah. Ternyata dia tiba di sekolah tepat saat bel berbunyi. Jika pada hari keempat ia berjalan dengan kecepatan konstan 100 meter per menit, berapa menit ia tiba di sekolah setelah bel berbunyi.



3. (10 poin) Dua orang anak ingin melempar bola agar mengenai suatu sasaran di ujung tebing (titik Q). Mereka berdiri pada titik pelemparan (titik P) yang berada pada jarak tertentu dari sasaran. Mereka melempar bola dengan kelajuan awal yang sama pada waktu bersamaan, namun dengan sudut elevasi yang berbeda sehingga waktu yang ditempuh bola orang pertama dan kedua untuk mengenai sasaran masing-masing adalah 𝑡  dan 𝑡𝐵 .

Diketahui percepatan grativasi di tempat itu adalah 𝑔. Tentukanlah jarak antara titik P dan titik Q (dinyatakan dalam  𝐴 dan 𝑡𝐵)!


Baca Juga :




4. (12 poin) Sebuah gunung dimodelkan sebagai kerucut dengan tinggi
𝐻 dan sudut setengah bukaan 𝜃, dimana sin 𝜃 = 1/4 Sebuah lintasan yang mengitari gunung dibuat untuk menghubungkan titik 𝐴 pada dasar gunung dan titik 𝐵 pada permukaan gunung, dimana puncak gunung (titik 𝑃), titik 𝐴, dan titik 𝐵 terletak pada satu garis lurus. Panjang segmen garis lurus 𝐴𝐵̅̅̅̅  adalah = 1 4 . Lintasan dibuat menggunakan kawat dengan panjang minimum yang mengitari gunung. Sebuah partikel yang dapat bergerak bebas tanpa gesekan sepanjang lintasan kawat ditembakkan dari titik   dan bergerak menuju titik 𝐵. Nyatakan semua jawaban dalam 𝐻 dan percepatan gravitasi 𝑔.

  • a. Tentukan kelajuan awal minimum partikel di titik 𝐴, yakni 𝑣, agar dapat mencapai titik 𝐵.
  • b. Jika partikel ditembakkan dari titik 𝐴 dengan kelajuan 𝑣 tersebut, hitung kelajuan partikel di titik 𝐵 yakni 𝑣 .



5. (15 poin) Dua benda bermassa 𝑚1 dan 𝑚2 (𝑚1 > 𝑚2) berada segaris dan di atas bidang datar kasar dengan koefisien gesek statis dan kinetik bernilai sama yaitu 𝜇. Awalnya benda 1 berada di sebelah kiri benda 2, yang diam, sejauh L dan diberi kecepatan sebesar 𝑣1 ke kanan.
  • a. Tentukan syarat yang diperlukan agar benda pertama menumbuk benda kedua. Apabila syarat tersebut terpenuhi maka benda 1 akan menumbuk benda 2. Anggap tumbukan terjadi secara singkat sehingga bersifat lenting sempurna.
  • b. Tentukan dimanakah posisi akhir benda 1 dengan menganggap posisi tumbukan adalah pusat koordinat!
  • c. Tentukan dimanakah posisi akhir benda 2 dengan menganggap posisi tumbukan adalah pusat koordinat!
  • d. Berapakah jarak keduanya saat keduanya diam? Asumsikan volume kedua benda jauh lebih kecil dari jarak yang mereka tempuh.



Download :




Catatan : Soal-soal diatas adalah sekedar Contoh dengan tujuan menjadi bahan referensi bagi pihak-pihak yang membutuhkan, apabila ada ketidaksesuaian pada Soal dan Kunci Jawaban Kompetensi Sains Nasional (KSN) FISIKA SMA/MA Tingkat Kabupaten 2020 diatas mohon maklum adanya.


Demikian yang admin sampaikan penjelasan terkait contoh Soal dan Kunci Jawaban KSN FISIKA SMA/MA Tingkat Kabupaten Tahun 2020, semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat . . .*)
>