Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Aplikasi Belajar Online Untuk Siswa Sekolah

10 Aplikasi Belajar Online Untuk Siswa Sekolah


10 Aplikasi Belajar Online Untuk Siswa Sekolah - Aplikasi Belajar Menjadi Home Learning Nomor satu pilihan guru dan siswa tak hanya bermodal gratis namun juga berkualitas, aplikasi pembelajaran yang menyediakan bahan belajar dan fasilitas komunikasi serta interaksi antar komunitas, dan aplikasi belajar ditujukan untuk siswa, guru dan masyarakat luas.

Aplikasi belajar dapat digunakan di mana saja, kapan Saja, dengan siapa saja.


Inovasi pembelajaran online atau e-learning memiliki beberapa tujuan diantaranya :

1. Mempermudah anak didik yang berjarak jauh dari sekolah,
2. Mengurangi kemacetan lalu lintas,
3. Mengurangi mobilitas masyarakat pengguna transportasi umum,
4. Munculnya pandemi virus yang membuat masyarakat harus mengurangi interaksi sosial di ruang publik.

Saat ini pandemi virus corona Covid-19 sedang mewabah hampir di semua penjuru dunia, yang memaksa masyarakat negara tersebut untuk membatasi interaksi sosial di ruang publik, karena mewabahnya virus corona salah satunya adalah karena kontak fisik antar individu masyarakat.

Salah satu kebijakan yang diambil beberapa negara yaitu dengan mengalihkan kegiatan belajar dan bekerja dari sekolah/kantor ke rumah.

Selain itu merebaknya virus corona memaksa beberapa negara mengambil kebijakan LOCKDOWN, hal ini bisa kita maklumi karena pemerintah memang mencari solusi agar pencegahan bisa lebih optimal, namun bagaimana pada proses pembelajaran, kebijakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan sendiri akan pencegahan ini tak tanggung-tanggung berbagai surat edaran, sikapi Covid-19 Kemendikbud bahkan terbitkan dua surat edaran untuk satuan pendidikan.


Sekolah dan perguruan tinggi yang terkena dampak langsung dari kebijakan ini tentunya harus mencari cara agar kegiatan belajar mengajar tetap dapat berlangsung walaupun dari rumah, salah satu opsinya yakni dengan menggunakan aplikasi belajar online (e-learning application).

Berikut ini admin tawarkan Pilihan Aplikasi Belajar online di rumah untuk Siswa Sekolah yang dapat di download melalui Google Playstore.

1. Ruang Guru
Aplikasi ruangguru merupakan aplikasi bimbingan belajar (bimbel) online bagi anak sekolah berbagai tingkatan, dari mulai sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Cara pembelajaran menggunakan media video yang interaktif sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran.

Banyak fitur yang dimiliki ruangguru, salah satunya Sekolah Online, dalam rangka membantu pemerintah menerapkan pembelajaran secara online (e-learning) dalam rangka menangkal penyebaran pandemi virus Covid-19. Sekolah Online mengadakan live streaming materi pembelajaran anak sekolah dari tingkatan SD, SMP dan SMA, yang dimulai dari jam 08.00 sampai dengan jam 12.00.

2. Google Classroom
Raksasa digital dunia, Google, juga memiliki aplikasi untuk pembelajaran online (e-learning) yang dinamakan Google Classroom atau Kelas Google. Google classroom terintegrasi dengan layanan google lainnya, apabila anda sudah memiliki akun Google maka otomatis dapat langsung menggunakan aplikasi ini.

Untuk bergabung dalam kelas yang sudah ada, yang sudah dibuat oleh guru anda, harus mengisikan kode kelasnya dulu, baru anda bisa bergabung dan mengikuti pembelajaran di kelas tersebut. Apabila anda seoang guru dan ingin membuat kelas baru, silahkan cari menu Create Class dan kemudian share kode kelas kepada siswa anda yang akan bergabung dalam kelas tersebut.

Dari tampilannya, Google Classroom lebih tepat digunakan oleh siswa menengah atas dan mahasiswa, karena minimnya menu yang interaktif untuk anak-anak. Namun fitur yang dimilikinya cukup baik, dimana guru dan siswa dapat berinteraksi dalam mengerjakan tugas, memberikan nilai, dan juga konsultasi online.

3. Quipper
Quipper merupakan perusahaan yang berbasis teknologi pendidikan yang menyediakan opsi pembelajaran secara online dan offline bagi siswa menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA/sederajat).

Quipper memiliki beberapa layanan diantaranya Quipper School yaitu sistem manajemen belajar untuk guru dan siswa SMP dan SMA. Quipper Video yaitu Pembelajaran online berbasis video online untuk belajar secara mandiri bagi siswa SMP dan SMA.

Quipper Video MasterClass yaitu Layanan premium berupa bimbingan online dan tutor secara online untuk siswa SMA Kelas 10-12. Quipper Campus merupakan portal informasi lengkap kampus untuk SMA dan sederajat.        

Materi pembelajaran yang disediakan oleh Quipper telah sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan pemerintah. Untuk dapat mengakses Quipper Video Masterclass yang merupakan layanan premium, anda dapat berlangganan dengan biaya langganan mulai dari Rp. 90.000

4. Edmodo
Aplikasi Edmodo merupakan aplikasi e-learning yang menghubungkan antara guru, murid, dan orang tua dalam kegiatan pembelajarannya. Fitur yang dimiliki Edmodo diantaranya guru dapat melakukan survey tentang pembelajarannya, fitur pesan langsung yang dapat menghubungkan siswa dan guru secara personal.
 
5. Kelas kita
Aplikasi Kelaskita merupakan aplikasi belajar online yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja dan dilengkapi dengan fitur media sosial sehingga antar pengguna dapat berinteraksi secara interaktif.

Salah satu kelebihan dari kelaskita yaitu selain kelas yang menyajikan materi sekolah terdapat juga kelas-kelas dengan materi keterampilan / keahlian khusus seperti kelas materi pemrograman, bahasa, desain grafis, otomotif, materi agama, jaringan komputer, beauty class, belajar alat musik dan lainnya.

Aplikasi kelaskita dibuat oleh programer asli Indonesia bernama Ali Kusnadi yang memiliki dedikasi tinggi dalam mengembangkan aplikasi asli buatan Indonesia. Beliau juga seorang pendukung Free and open source software sehingga tak heran layanan di aplikasi kelaskita banyak yang gratis tanpa bayar.

6. Rumah Belajar
Portal Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fitur komunikasi yang mendukung interaksi antar penggunanya kapan saja dan dimana saja.

Portal Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh pengguna dari bebagai jenjang pendidikan, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Fitur utama dari portal Rumah Belajar diantaranya Kelas Digital, Sumber Belajar, Bank Soal, dan Laboratorium Maya. Untuk dapat mengakses fitur tersebut caranya mudah, dengan mendaftar dulu dan mengisi data-data seperti Nama, Alamat, NISN, Alamat Email, Nama Sekolah dan wilayah sekolah anda.

Portal Rumah Belajar yang dibentuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini sebagai wujud inovasi dalam melakukan pembelajaran secara online (e-learning) di era industri 4.0.

7. Pahamify
Aplikasi Pahamify merupakan aplikasi belajar online dengan fitur pembelajaran menggunakan media video. Pengguna akan lebih mudah memahami materi sekolah, dan materi dibawakan dengan penyampaian yang praktis oleh guru atau disebut Rockstar Teacher.

Rockstar Teacher di pahamify berasal dari berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia dan Luar Negeri sehingga kompetensinya tidak diragukan lagi.

Fitur utama yang ditawarkan Pahamify diantaranya : Belajar Konsep dengan video interaktif, Try Out UTBK dan Ujian Mandiri, Tes Minat dan Bakat, dan Konseling Online. 

8. Zenius
Zenius merupakan aplikasi e-learning yang menyediakan materi penunjang kegiatan belajar mengajar dari mulai tingkat Sekolah Dasar (SD), Menengah Pertama (SMP) dan Menengah Atas (SMA/SMK). Memiliki pengalaman sejak tahun 2004, Zenius menawarkan berbagai fitur yang bermanfaat dalam menunjang proses belajar siswa.

Layanan utama dari Zenius yaitu berbagai materi pembelajaran dari mulai SD sampai SMA/SMK sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini. Materi pembelajaran disajikan menggunakan media video yang interaktif, sehinga materi pembelajaran lebih mudah dipahami oleh para siswa.

Selain materi pembelajaran sekolah, layanan yang paling diminati pengguna Zenius yaitu Simulasi UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) yang saat ini menjadi persyaratan masuk sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia.

Fitur Zenius lainnya yaitu Panduan dan Simulasi SNMPTN, UTBK, Ujian Mandiri, Download berbagai contoh soal, Simulasi UTBK SBMPTN, materi Tryout  dan juga informasi serta ketentuan persyaratan lowongan kerja CPNS beserta tahapan seleksinya.

9. Bimbel Smart
Bimbel Smarrt merupakan aplikasi khusus untuk bimbingan belajar (bimbel) berbagai mata pelajaran secara online. Mata pelajaran utama yang dibimbelkan yaitu Matematika, Fisika dan Kimia yang seringkali menjadi kesulitan bagi para siswa.

Banyak video konsep matematika, fisika, dan kimia yang dapat ana pelajari, disertai dengan soal dan cara menyelesaikannya. Fitur yang disediakan Bimbel SMARRT dapat dinikmati secara gratis tanpa harus membayar.

Pembelajaran yang dilakukan aplikasi Bimbel SMARRT ini yaitu menonton video konsep dari mata pelajaran, melihat soal dan cara menjawab soal, mencoba quiz untuk mengetes pemahaman, dan menyaksikan video secara streaming dan bisa bertanya langsung kepada guru.
   
Selain pilihan aplikasi belajar online seperti di atas, sekolah juga ada yang memilih aplikasi media sosial seperti whatsapp dan telegram sebagai aplikasi belajar online anak didiknya.

10. Brainly
Brainly merupakan forum komunitas pelajar di dunia dimana para penggunanya dapat bertanya mengenai apa saja dan akan direspon atau dijawab oleh pengguna Brainly lainnya.

Brainly tercatat sebagai salah satu forum komunitas pelajar terbesar di dunia, tercatat lebih dari 100 juta pengguna Brainly di seluruh dunia. Cara kerja dari Brainly sederhana, anda dapat menanyakan apapun di forum Brainly dan kemudian akan dijawab oleh pengguna lainnya dengan cara yang mudah dipahami.

Apabila terjadi pertanyaan dan jawaban yang tidak sesuai, Brainly menyediakan fitur untuk memverifikasi yang dilakukan oleh para ahli. Jadi ketika anda kesulitan dalam menjawab pekerjaan rumah (PR) sekolah, cobalah tanyakan kepada Brainly.


Demikian yang dapat admin jelaskan terkait “10 Aplikasi Belajar Online Untuk Siswa Sekolah”, semoga bisa menjadi referensi kita semua dalam mendidik anak sekolah . . .*)
>